Mengapa Perlu Assessment? (Apa Perbedaan Antara Learn dan Study?)

If a teacher teaches,

but no students have learned,

has the teacher taught?

Untuk menerjemahkan kalimat yang dikutip dari buku Gareis dan Grant (2015) tersebut kita perlu untuk mengecek arti kata learn. Dalam bahasa Inggris terdapat dua kata, yaitu "to learn" dan "to study" yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai "belajar". Arti kedua kata tersebut menurut Kamus Meriam-Webster (http://www.merriam-webster.com/dictionary) ditampilkan pada gambar berikut.

Gambar 1

Dari Gambar 1 "learn" berarti memperoleh pengetahuan atau ketrampilan dengan belajar, berlatih, diajari, atau mengalami sesuatu. Di sisi lain "study" berarti proses untuk memperoleh pengetahuan atau ketrampilan antara lain dengan cara membaca, mengingat-ingat fakta, dan menghadiri sekolah. Ringkasnya "study" adalah salah satu cara untuk "learn". Kata "learn" lebih menekankan pada upaya yang menghasilkan perubahan yang dapat berupa perubahan pengetahuan, ketrampilan, sikap, kepercayaan, ataupun nilai (Gambar 2). Sehingga perbedaan utama dari keduanya adalah "study" lebih mengacu pada prosesnya sedangkan "learn" lebih mengacu pada perubahannya.

Gambar 2

Dalam bahasa Indonesia terdapat kata dasar "ajar" dan turunannya "belajar" yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (kbbi.web.id) memiliki makna (1) berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu (2) berlatih (3) berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman (Gambar 3). Makna kata "belajar" pertama dan kedua lebih mendekati makna "study" sedangkan makna ketiga mendekati makna "learn". Untuk memudahkan pemahaman selanjutnya dalam tulisan ini saya akan mengusahakan untuk konsisten menggunakan kata kerja "belajar" untuk "to study", kata kerja "mempelajari" untuk "to learn", dan kata benda "pembelajaran" untuk "learning".

Gambar 3

Perbedaan antara "study" dan "learn" diilustrasikan sebagai berikut. Kalau saya belajar (study) bab sistem terbuka pada buku Termodinamika, namun masih belum dapat memahami apa yang dimaksud dalam bab tersebut apalagi menyelesaikan soal-soal terkait berarti saya sudah belajar (study) namun belum mempelajarinya (learn). Namun jika saya bilang saya telah mempelajari (learn) bab sistem terbuka maka saya telah melakukan proses belajar (membaca buku) dan telah mengalami perubahan dari yang awalnya tidak punya gambaran tentang sistem terbuka menjadi memiliki pengetahuan dan telah dapat menyelesaikan soal-soal terkait ssitem terbuka. Dapat disimpulkan bahwa dalam kata "learn" terdapat makna ketuntasan dalam menguasai suatu tahapan pengetahuan, ketrampilan, sikap, kepercayaan atau nilai tertentu.

Dari pemahaman atas perbedaan istilah "study" dan "learn" di atas maka kutipan di awal tulisan ini jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

Jika seorang guru/dosen mengajar,

Tapi tidak ada murid/mahasiswa yang telah (selesai) mempelajari (hal yang diajarkan oleh guru/dosen),

Apakah guru/dosen tersebut telah mengajar?

Dari makna kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa proses mengajar sebenarnya lebih terkait dengan proses pembelajaran dibandingkan dengan proses belajar, sehingga tentunya bahwa proses mengajar dapat dikatakan baru selesai jika murid/mahasiswa telah mempelajari sesuatu. Pertanyaan berikutnya tentunya adalah bagaimana guru/dosen mengetahui apakah seorang murid/mahasiswa telah mempelajari sesuatu dan apakah yang telah dipelajari sesuai dengan yang diharapkan? Untuk menjawab pertanyaan itulah kita sebagai guru/dosen melaksanakan assessment. Apa itu assessment dan apa bedanya dengan pengukuran, penilaian dan evaluasi dapat dibaca pada tautan berikut, sedangkan penjelasan lebih lanjut tentang assessment insya Allah akan disampaikan pada tulisan-tulisan berikutnya.

Semoga bermanfaat.

 

Referensi :

Gareis, Christopher R., and Leslie W. Grant (2015), Teacher-Made Assessments: How to Connect Curriculum, Instruction, and Student Learning. Routledge.

Kamus Besar Bahasa Indonesia versi Online/Daring (http://kbbi.web.id/)

Meriam Webster Dictionary (http://www.merriam-webster.com/dictionary)

 

Leave a Reply

*

It sounds like SK2 has recently been updated on this blog. But not fully configured. You MUST visit Spam Karma's admin page at least once before letting it filter your comments (chaos may ensue otherwise).