Perubahan Peranan Asisten Dalam Pelaksanaan Blended Learning Pada Praktikum Mekatronika

Abstrak

Selama ini metode pembelajaran yang dilaksanakan pada Praktikum Mekatronika adalah metode konvensional yang lebih banyak porsinya pada proses penjelasan topik bahasan dan tutorial oleh asisten. Dari evaluasi pelaksanaan praktikum sebelumnya diindikasikan terdapat beberapa masalah, antara lain kurangnya interaksi dua arah antara asisten dengan praktikan, kurangnya umpan balik yang diterima oleh praktikan, serta kemampuan praktikan dan asisten yang bervariasi. Untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut maka dikembangkan metode pembelajaran baru berupa blended learning.Pada semester genap tahun akademik 2013/2014 pelaksanaan Praktikum Mekatronika dibagi menjadi dua yaitu kelas yang menerapkan blended learning sebagai kelas uji coba dan kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Penerapan blended learning pada Praktikum Mekatronika dilakukan dengan mengeluarkan sesi penjelasan asisten dari waktu pelaksanaan praktikum, pemanfaatan multimedia dalam penyampaian materi praktikum, serta penggunaan teknologi e-quiz. Perubahan metode pembelajaran tersebut tentunya menuntut perubahan peranan asisten dalam membantu praktikan menyelesaikan tugas praktikum.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pelaksanaan blended learning menuntut perubahan peranan asisten. Pada metode konvensional asisten lebih banyak berperan sebagai pengajar sedangkan pada metode blended learning asisten harus dapat menyeimbangkan peranan sebagai fasilitator, konsultan, dan assesor. Hasil kuisioner menunjukkan praktikan yang menjalani metode bended learning memberikan apresiasi dan respek yang lebih tinggi kepada asisten dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil dari penelitian ini sangat penting untuk mengidentifikasi kemampuan asisten yang diperlukan dalam pelaksanaan blended learning sebagai persiapan pelaksanaan praktikum mendatang.

Kata kunci: blended learning, Praktikum Mekatronika, peranan asisten

Tulisan ini pernah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan Tinggi tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Andalas.

Makalah selengkapnya dapat diunduh melalui tautan berikut ini

Agung Nugroho Adi - SNPPT Unand 2015

Leave a Reply

*

It sounds like SK2 has recently been updated on this blog. But not fully configured. You MUST visit Spam Karma's admin page at least once before letting it filter your comments (chaos may ensue otherwise).