Mata Kuliah Wajib Universitas sebagai Sarana Pengembangan Capaian Pembelajaran Sikap dan Keterampilan Umum

Sesuai dengan Kepmenristekdikti nomor 44 tahun 2015 maka seluruh program studi wajib menyusun dan menerapkan Kurikulum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi atau lebih sering dikenal sebagai Kurikulum KKNI. Di antara kesesuaian tersebut adalah mengadopsi atau mengadaptasi Capaian Pembelajaran Lulusan untuk sikap dan keterampilan umum sesuai dengan lampiran keputusan tersebut. Berikut adalah contoh bagaimana menguraikan CPL sikap dan keterampilan umum, khususnya untuk jenjang sarjana, pada mata kuliah wajib universitas yang berlaku di Universitas Islam Indonesia.

Kode SN Mata Kuliah CPMK
KU1 KKN Mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan mengembangkan alternatif penyelesaian masalah untuk memajukan masyarakat di lokasi KKN sesuai dengan latar belakang bidang studi
  Karya Ilmiah Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  Islam Ulil Albab mengevaluasi berbagai macam pemikiran dalam Islam
    menganalisis faktor-faktor pendukung kejayaan, keruntuhan, dan kebangkitan kembali peradaban Islam
  Islam Rahmatan lil Alamin menjelaskan interaksi nilai keislaman dengan bidang ilmu yang ditekuni
    menunjukkan pemikiran, produk dan/atau unjuk kerja yang merupakan perwujudan hasil integrasi nilai keislaman pada bidang ilmu yang ditekuni
KU2 KKN Merumuskan tujuan program KKN serta kriteria keberhasilan program KKN
    Merencanakan pelaksanaan program KKN (individu dan kelompok) termasuk rencana jadwal, pihak-pihak pendukung, dan anggaran
  Karya Ilmiah mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3 Pancasila Merefleksikan Pancasila sebagai pandangan hidup personal dalam konteks pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi pada bidang studi yang dipelajari
  Karya Ilmiah Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU4 Karya Ilmiah Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bentuk skripsi, laporan tugas akhir atau sejenisnya, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5 Karya Ilmiah mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6 KKN Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan rekan sejawat, pembimbing serta masyarakat dan pimpinan di lingkungan KKN
    Mensosialisasikan program KKN yang telah direncanakan kepada masyarakat di lokasi KKN
  Karya Ilmiah mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7 KKN Melaksanakan program KKN yang telah direncanakan
    Memantau perkembangan pelaksanaan program KKN (individu dan kelompok)
KU8 KKN Mengevaluasi proses dan hasil pelaksanaan KKN dibandingkan dengan tujuan dan kriteria program KKN serta merefleksikan proses dan hasil pelaksanaan KKN
KU9 Bahasa Indonesia Menyusun tulisan dan melakukan presentasi dalam konteks akademik yang runtut dan terstruktur serta memenuhi kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, penulisan ilmiah, dan anti-plagiarisme.
  KKN Mendokumentasikan perkembangan pelaksanaan dan hasil program KKN pada logbook
    Menyusun laporan pelaksanaan program KKN (individu dan kelompok)
  Karya Ilmiah Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
S1 KKN Melaksanakan dakwah Islamiyyah bil-hal, bil-khitabah dan/atau bil-kitabah
    Menunjukkan diri sebagai muslim yang taat beribadah
  Pendidikan Agama Menjelaskan konsep fitrah manusia sesuai Al-Qur'an dan Hadis
    Menunjukkan sikap ketakwaan dengan menjalankan syariat-Nya dalam kehidupan sehari-hari serta mengutamakan akhlak islami dan etika universal
    Menerapkan rukun iman dan rukun Islam sesuai Al-Quran dan hadis
S2 KKN Menunjukkan akhlak, moral, dan etika yang baik dalam bergaul dengan rekan sejawat, pembimbing maupun masyarakat dan pimpinan di lingkungan KKN
  Islam Ulil Albab menjelaskan konsep insan ulil albab berdasarkan Q.S. Ali Imron 190 - 191
    merefleksikan konsep insan ulil albab dalam kehidupan pribadi sehari-hari
S3 Pancasila Mengekspresikan sikap pemahaman terhadap ideologi Pancasila dan konsep kebangsaan Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
  Kewarganegaraan Mampu mengidentifikasikan dan merefleksikan peranan pribadi, serta merumuskan alternatif solusi untuk problem kebangsaan kekinian.
  Karya Ilmiah berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  Islam Ulil Albab merefleksikan peran dan keteladanan tokoh pendiri UII utamanya kepemimpinan dan etika kerja untuk mengembangkan alternatif solusi persoalan di masyarakat dan/atau pada bidang ilmu yang ditekuni
  Islam Rahmatan lil Alamin menjelaskan konsep Islam Rahmatan Lil Alamin berdasarkan Q.S. Al-Anbiya 107
    merumuskan sumbangsih pribadi dalam bidang ilmu yang ditekuninya bagi kemajuan peradaban Islam di masa sekarang dan masa yang akan datang
S4 Bahasa Indonesia Merefleksikan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai identitas keindonesiaan dalam komunikasi lisan dan tulisan sehari-hari
  Pancasila Mengidentifikasi dan menganalisis kaitan antara ideologi dan perspektif Pancasila dengan perspektif keislaman
  Kewarganegaraan Mampu menunjukkan sikap sebagai warga Negara yang cerdas dan bertanggung jawab berlandaskan nilai keIslaman dan keIndonesiaan
    Memiliki pandangan yang moderat (umatan wasathan) sebagai Warga Negara sebagai implementasi dari wawasan kebangsaan
S5 KKN menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan yang terdapat di masyarakat lokasi KKN
  Pancasila Menganalisis perbandingan antara ideologi Pancasila dengan ideologi lain
  Islam Rahmatan lil Alamin menumbuhkan kebanggaan sebagai muslim/muslimah yang memiliki sifat proaktif
S6 KKN Bekerja sama dengan rekan sejawat serta masyarakat dan pemimpin masyarakat di lingkungan lokasi KKN
S7 KKN Menaati hukum dan peraturan yang berlaku di lingkungan lokasi KKN serta menunjukkan sikap disiplin
S8 Pancasila Merefleksikan Pancasila sebagai nilai dan norma personal dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
  Pendidikan Agama Merefleksikan kesesuaian perilaku pribadi keseharian dengan nilai-nilai keislaman
S9 KKN Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas penyelesaian tugas yang diemban selama program KKN
  Karya Ilmiah menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Kewirausahaan Syariah Mengidentifikasi, merumuskan, dan merefleksikan karakter Rasulullah sebagai wirausahawan muslim
    Mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan mengembangkan alternatif peluang berwirausaha berbasis syariat Islam pada bidang yang dipelajari.
    Menyusun konsep rencana bisnis untuk berwirausaha sesuai dengan syariat Islam pada bidang yang diminati

Comments are closed.